Resep Makanan dan Minuman Jawa Barat : CekAkreditasi

Resep Makanan dan Minuman Jawa Barat

 

Resep makanan dan minuman Jawa Barat bisa menjadi alternatif kerinduan ketika pandemi memaksa semua orang untuk tidak meninggalkan rumah. Belum lagi hari libur, di saat-saat seperti ini, pemerintah mendesak semua orang untuk tinggal di rumah demi kesehatan bersama.

 

Jika kita ingat, pada awal Maret 2019, diketahui bahwa dua orang Indonesia pertama kali terinfeksi virus virus corona. Virus ini menyebar dengan cepat, bahkan hingga saat ini, ketika vaksin mulai menyebar, masih ada pembatasan di berbagai daerah.

 

Khusus di sektor pariwisata, beberapa tempat wisata bahkan mengharuskan pengunjung, jika ingin berkunjung, untuk memberikan bukti bukti cepat dengan hasil negatif. Misalnya, tempat wisata Kebun Raya Bogor, salah satu objek wisata alam jawa barat.

 

Pembahasan pariwisata tentu tidak bisa dibedakan dari kuliner khas daerah tersebut, misalnya Bogoro yang terkenal dengan spons tarot, pasta kuning, dan lumpia basahnya. Memasak bisa menjadi alternatif dari kerinduan.  tidak perlu pergi jauh Anda bisa langsung memasak resep  sendiri  untuk makanan dan minuman Jawa Barat di rumah bersama dengan resep.

 

Tahu Gejrot to Seblak, jajanan Jawa Barat yang tersebar di seluruh Indonesia

Makanan ringan atau juga dikenal dengan makanan ringan, adalah jenis makanan yang biasanya dimakan di antara waktu makan. Makanan ini identik dengan porsi kecil dengan berbagai rasa. Namun, bagi sebagian orang, jajanan juga bisa diisi, misalnya dengan seblak, camilan khas Bandung, Jawa Barat.

 

Anda jelas tidak asing dengan makanan ringan dengan rasa gurih gurih ini. Seblak, salah satu resep khas makanan dan minuman di Jawa Barat , yang dicintai oleh banyak orang. Seblak sendiri sudah ada di wilayah Cyanjur sejak zaman kolonial. Bahan utama seblak adalah kerupuk. Tidak ada kerupuk, kerupuk adalah fitur seblak oranye, yang terbuat dari udang.

 

Sosis, irisan daging, kaki, kwetiau, pasta, dan jamur tiram sering digunakan sebagai aditif untuk makanan yang satu ini. Cara mengolahnya cukup sederhana, pertama-tama Anda perlu menyiapkan bumbu basah, yaitu bawang putih, bawang merah, kencura, kecap manis, cabai secukupnya, merica, daun jeruk, saus pedas, penyedap rasa, gula dan garam.

 

Hancurkan semua bumbu bersama-sama, lalu tumis rempah-rempahnya sampai harum. Tambahkan 250 ml air, tambahkan telur, lalu kocok.  Tambahkan juga sawi hijau, sosis, irisan daging, kaki, pasta, dan bahan lainnya secukupnya. Terakhir, masukkan kerupuk udang jeruk sebagai ciri khas utama Seblak Bandung.

 

Resep di atas adalah resep sederhana untuk seblak, di Internet Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan seblak lainnya dalam resep makanan dan minuman jawa barat .

 

Tidak hanyalah seblak, makanan pembuka khas Jawa Barat lainnya yang sederhana dan sangat mudah dibuat, yaitu Tahu Gejrot. Sesuai dengan namanya, jajanan asli Desa Jatiseeng, Ciledug, Kabupaten Cirebon terbuat dari tahu gemba. Selain tahu gembor, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan di bawah ini.

 

Bahan untuk sup pembilasan coklat:

  1. 1/4 gula merah
  2. 2 sdm kecap manis
  3. Asam jawa secukupnya
  4. Garam

 

Rempah-rempah uleg:

  1. Bawang putih
  2. Bawang merah
  3. Cabai rawit secukupnya

 

Pertama, panggang tahu yang terkunci sampai berwarna keemasan, lalu tiriskan. Bilas sup dengan merebus gula merah, kecap asam manis dan garam dalam 500 ml air sampai semua aduk. Uleg bawang putih agak kasar, bawang, cabai secukupnya.

 

Tambahkan potongan tahu kunci di atasnya, akhirnya disiram dengan saus cokelat. Aduk sampai semua tahu ditutupi dengan rempah-rempah, tahu gejrot siap dinikmati. Tahu Gejrot cocok untuk dinikmati kapan saja, di mana saja.

 

Resep makanan Jawa Barat mudah dan cepat

Setelah membahas resep untuk makanan ringan, kita sekarang beralih ke resep lain untuk makanan dan minuman di Jawa Barat . Hidangan dari Jawa Barat bisa sangat beragam, mulai dari olahan sayuran hingga daging.

 

Makanan pertama yang akan kita bahas adalah Karedok. Karedok sendiri merupakan salad ala Sunda. Tidak seperti salad gaya barat, di mana minyak sayur atau minyak zaitun digunakan sebagai campuran, karedok menggunakan saus kacang sebagai bumbu tambahan.

 

Hampir mirip dengan karakteristik pecel Jawa Tengah, bedanya karedokas menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Karedok sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu terong Karedok, Leunca dan kacang panjang.

 

Sayuran yang digunakan untuk karedok tipe leunca, tentu saja, adalah buah leunca. Sebagai aturan, buah leunca dipilih, yang masih hijau atau tidak terlalu matang. Sedangkan irisan terong mentah dari varietas terong karedok adalah bahan utama yang ditambahkan ke tauge dan kol.

 

Akhirnya, dengan karedok kacang panjang, jenis karedok ini mendominasi isian kacang dan mentimun yang dirangkai. Seiring perubahan zaman, karedok yang diisi dengan karedok juga menyesuaikan dengan selera masyarakat sekitar. Maka tidak mengherankan , bahwa di beberapa daerah di Indonesia karedokas juga ditambahkan ke sayuran dan kerupuk lainnya.

 

Makanan yang resepnya pasti muncul saat mencari resep makanan dan minuman Khas Jawa Barat  secara online adalah Sate Maranggi. Sepintas sate daging sapi ini tidak berbeda dengan sate lainnya, bedanya sate ini melewati proses rendaman yang cukup panjang untuk mendapatkan juicy, empuk dan penuh rasa.

 

Bahan utama dalam pembuatan sate ini adalah, tentu saja, daging sapi, dipotong menjadi kotak-kotak kecil. Anda juga bisa menambahkan lemak sapi untuk menambah aroma kenyang saat dipanggang. Kemudian siapkan rendaman di bawah ini.

 

  1. 1/4 g gula merah atau gula jawa.
  2. 5 siung bawang putih
  3. 5 bawang merah bernyanyi
  4. 3 segmen jari jahe
  5. 3 segmen lengkuas jari
  6. Air asam jawa secukupnya
  7. Garam
  8. Kuning telur

 

Hancurkan semua bumbu di atasnya, lalu oleskan ke daging sapi yang ditusuk. Tutup dengan daun pepaya, diamkan selama 3-4 jam sampai rempah-rempah terserap sempurna. Jangan lupa juga menyiapkan sambal untuk menyebarkan sate, yaitu cabai secukupnya, tomat dan garam.

 

Masak rasa kenyang daging sapi pada pembakaran batu bara, bolak-balik agar tidak terbakar. Sajikan dengan sambal, nasi atau ketan hangat. Sate maranggi ala Sunda siap anda nikmati, sajian ini cocok untuk disantap selagi hangat.

 

Anda perlu mencoba minuman ringan khas Jawa Barat

Makan sate di malam hari cocok dikombinasikan dengan minuman rempah khas Jawa Barat, yaitu Bandreku. Bandrek sendiri selalu masuk dalam jajaran resep makanan dan minuman Jawa Barat  .  Konon minuman ini lahir dari penduduk dataran tinggi, Jawa barat.

 

Dataran tinggi identik dengan suhu dingin, dan minuman berbasis jahe ini digunakan oleh orang-orang di sekitar mereka untuk menghangatkan tubuh mereka. Bagi anda yang ingin mencoba bandrek , anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke ketinggian Jawa Barat untuk menikmatinya.

 

Buat saja bandek Anda sendiri di rumah, siapkan jahe yang sudah dibakar, gula merah, dan kayu manis. Masak ketiga bahan tersebut bersama-sama, minum sampai hangat. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti telur ayam lokal, serai, kapulaga, dll untuk menambah rasa.

 

Beralih dari minuman hangat, Jawa Barat juga memiliki minuman khusus yang menyegarkan ketika terik matahari menerpa, “Es Cendol” adalah namanya. Tidak seperti anak kembar, es Dawet, dibuat dengan tepung beras, Es Cendol, resep yang dapat Anda temukan di  Buku   Resep Makanan dan Minuman Jawa Barat, dibuat dengan tepung hunkwe atau tepung kacang hijau.

 

Tepung hunkwe, yang direbus sampai mengental dengan penambahan air daun pandan, ekstrak daun suji untuk pewarnaan air, sedikit pati, air kapur sirih dan garam secukupnya. Saat mengental, Anda dapat mencetak cendola menggunakan filter dan air es.

 

Masak juga santan, daun panda, sedikit garam untuk cendol. Sebagai tambahan dan penambah rasa manis, Anda bisa menggunakan campuran gula merah dan air, yang disiapkan sampai sedikit mengental. Jangan lupa untuk menambahkan es batu kecil dan cendol siap untuk dinikmati.

 

Resep mudah dan cepat lainnya untuk makanan dan minuman Jawa barat

Selain makanan dan minuman di atas, Jawa Barat memiliki menu lain yang benar-benar dapat Anda buat dengan mudah di rumah. Salah satunya adalah combro atau oncom dijero (di dalam oncom).

 

Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari oncom untuk isian, dan kulit luarnya terbuat dari bubur singkong. Cara memasaknya cukup sederhana, siapkan beberapa bahan untuk adonan luar di bawah ini.

 

  1. 1 kg singkong haluskan
  2. Kelapa parut setengah umur
  3. Garam
  4. Bawang putih 3 siung
  5. Syal 3 siung
  6. Untuk buang air kecil 1 segmen jari

 

Sedangkan untuk isian combro, gunakan bahan-bahan di bawah ini.

  1. Oncom
  2. Bawang dan bawang putih masing-masing terdiri dari 5 siung.
  3. Cabai rawit secukupnya
  4. Merica, garam, gula secukupnya
  5. Porai dan kemangi

 

Pertama, Anda perlu membuat isian oncom, menumis semua bahan isian sampai harum. Menunggu isiannya agak dingin, haluskan bawang putih dan bawang merah di kulit luar. Campur dengan singkong dan kelapa parut.

 

Ambil 1-2 sendok makan adonan luar, lalu isi dengan oncom, formulasikan dalam yang bulat. Lakukan ini berulang kali sampai adonan selesai. Panaskan minyak goreng dan goreng sampai combrole memiliki warna kuning keemasan.

 

Selain combro, hidangan lain dari Jawa Barat termasuk lotek, pepes tahu, pesmol nila, nasi oncom tutug dan masih banyak lainnya. Untuk minuman ada es Oyen, es cincau, bir rempah-rempah, dll. Semua resep untuk makanan dan minuman khas Jawa Barat dapat dengan mudah ditemukan di Internet dan di buku resep.

Selengkapnya

Sumber : https://www.teknohits.com